Pages

Selasa, 26 Februari 2013

Tips Mengatasi BackTrack 5 Tdk Bisa Masuk Desktop Setelah "startx"



Saya menggunakan 2 OS di laptop kesayangan ane yaitu Windows,dan BackTrack. Pada OS BackTracknya ane punya masalah layar blank setelah startx. Ternyata bukan cuma saya aja yang mengalami hal ini, bahkan teman saya juga mengalaminya. Memang ada sebagian yang tidak, bahkan file yang telah berhasil pun di install ke Laptop saya, masalah yang timbul juga masih sama hingga beranggapan kalau laptopnya memang tidak support, sampai pingin beli laptop baru untuk install BackTrack hahaha :D

Karena sudah bingung dan berhasil search di google, akhirnya saya nemui caranya ternyata simple. Berikut tips nya mana tau agan-agan ada yang mengalami masalah yang sama dengan saya (senasib donk) :

Pada saat pertama booting, setelah muncul grub tekan tombol "E" akan muncul seperti ini:

recordfail
    insmod ext2
    set root='(hd0,5)'
    search --no-floppy --fs-uuid --set 7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0
    linux    /boot/vmlinuz-2.6.38 root=UUID=7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0 ro   text splash nomodeset vga=791
    initrd    /boot/initrd.img-2.6.38



Hapus tulisan nomodeset sehingga menjadi seperti ini :
recordfail
insmod ext2
set root='(hd0,5)'
search --no-floppy --fs-uuid --set 7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0
linux /boot/vmlinuz-2.6.38 root=UUID=7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0 ro  text splash vga=791
initrd    /boot/initrd.img-2.6.38


kemudian tekan CTRL+X untuk melakukan booting, kemudian masukkan username, password dan ketik startx seperti biasa, setelah berhasil masuk desktop, agar setingan tersebut melekat tanpa harus menghapus nomodeset setiap pertama booting, caranya:

edit /boot/grub/grub.cfg menggunakan text editor kesayangan anda, bisa menggunakan vi, nano, pico, gedit dll.
menuentry 'Back|Track 5, with Linux 2.6.38' --class ubuntu --class gnu-linux --class gnu --class os {
  recordfail
  insmod ext2
  set root='(hd0,5)'
  search --no-floppy --fs-uuid --set 7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0
 linux /boot/vmlinuz-2.6.38 root=UUID=7adf123a-5f18-4a0d-a6be-60c72f2db8b0 ro text splash nomodeset vga=791
    initrd    /boot/initrd.img-2.6.38

Hapus nomodeset kemudian save, untuk memastikan apakah setingan tersebut sudah benar-benar tersimpan, restart komputer kemudian login seperti biasa.

Semoga Bermanfaat  :)

2 komentar:

  1. gan, mnculin grub dmna yaa?
    ane pnya mslh bgni jga

    BalasHapus
  2. Kalo ini gara-gara VGA nya error gan .
    Kalo masalah grub nya gak ada mungkin karena ketimpa saat double OS .. Dan harus di set ulang di Backtrack nya dan itu
    kalo mau di "ada" in lagi

    BalasHapus

No SPAM , No SARA , No JUNK